Memaksimalkan Pelayanan di Gereja dalam bidang Multimedia

Blog ini agar tidak berisi video background saja, saya ingin membagikan pengalaman saya dalam bidang Multimedia.

A. SOFTWARE
Seiring perkembangan jaman, kini Gereja Gereja menggunakan kemampuan IT yaitu sebagai penampil lirik lagu menggunakan layar/proyektor/LCD/TV. Tentu saja mesti menggunakan software untuk menampilkan lirik tersebut. Berikut adalah beberapa software yang dapat anda gunakan di Gereja anda.

1. EasyWorship
Software paling umum adalah EasyWorship. Mudah digunakan dengan fitur yang cukup untuk keperluam Multimedia seperti menampilkan video background dengan lirik, Menampilkan video dan Powerpoint, sampai Live stream.

Download Easyworship 6 Disini (Trial)
Download Easyworship 6 (Bajakan)

2. Propresenter
adalah software untuk kalangan proffesinoal yang meskipun fiturnya hampir mirip dengan easyworship. Hanya saja Easyworship memiliki interface yang lebih mudah dikenali meskipun pemula yang memakainya. Salah satu kelebihan Propresenter adalah dapat membuat CountDown menggunakan propresenter sendiri. Dan melakukan Overlay(ing) / Tumpang tindih, misalnya anda mempunya video background, dan ingin menambahkan video/animasi transparan diatasnya. Selain itu lirik yang anda buat bisa anda beri box/Desain
 3. Powerpoint

Powerpoint sudah sering digunakan sebelum munculnya Easyworship/ProPresenter karena kemudahan menuliskan Lirik dan mengganti slide karena sudah umum digunakan sehingga terbiasa. Tapi saya sarankan untuk tidak menggunakan PowerPoint lagi. Software khusus Gereja sudah ada, sebaiknya digunakan karena fiturnya tidak dimiliki Powerpoint yaitu Video background, Slide per kalimat, dan sebagainya.

4. ShareFaith
Point ini memiliki keterkaitan dengan PowerPoint, karena ShareFaith sendiri merupakan software/plug-in Powerpoint untuk membuat Lirik & Background.

5. Quela
Untuk menampilkan Lirik menggunakan monitor/layar dengan pc terpisah untuk WL (berbeda dengan tampilan di stage/panggung) and  bisa menggunakan Software QUELA karena lebih mudah dan cepat daripada Easyworship

B. BAD & GOOD VIDEO BACKGROUND

Video background yang tidak tepat ataupun hanya itu itu saja tidaklah baik untuk ditampilkan. Bedakanlah mana background yang keras/cepat/memiliki beat untuk lagu yang semangat, dan background slow untuk lagu yang slow.

Beberapa refrensi Video Background yang dapat anda jadikan acuan.

Untuk Lagu Cepat :

Untuk lagu slow (Bokeh, Lensflare, Grunge, Cross, dll)



Beberapa tips & triks saat saya mencari video background :
1. Jangan hanya mengandalkan Youtube sebagai lemari video background anda. Masih banyak situs lain dengan video background yang LEBIH BANYAK DAN BERKUALITAS. Seperti VImeo, CMG, Siftworship, VMC, Worshiphousemedia, CreationSwap, Motion Worship dan lainya. Beberapa situs akan menyediakan beberapa background yang gratis, seperti halnya CMG (Curch Motion Graphic) memberikan 1 Sampel video background dari sekesekian videonya perbulan

2. Make your Own Creation
Membuat video background sendiri, mengapa tidak ? Sudah banyak Software yang dapat anda gunakan untuk membuat visual background salah satunya yaitu After Effect, Blender, Cinema4CD, Premiere Pro, FIlmora, dan lain lain. Tidak harus membuat sendiri, memodif yang sudah ada pun bisa, seperti mengubah kecepatan, menambah objek lain, mengganti warna, pengubah rotasi, dimensi dan sebagainya Contohnya seperti berikut


C. FONT UNTUK LIRIK

Font bisa menjadi hal yang penting dalam penampilan lirik, karena apa bila font terlalu kecil/besar/ruwet/tidak jelas, maka menjadi hal yang tidak berguna karena tidak bisa dibaca. Beberapa font yang tidak baik adalah Algerian, Comic Sans, Rockwell, Papyrus, dan sebagainya.

Apabila menggunakan EasyWorship, anda akan diberikan font default yaitu TAHOMA. Menurut saya, jika sudah pasaran dan membosankan, apa salahnya mengganti ?. Kini saya menggunakan font Montserrat yang lebih enak di cerna dimata dengan style yang trendy.

Saya punya satu e-book yang dapat anda pakai sebagai panduan memilih font.

D. TRANSITION antar background & slide

Pastikan Transisi yang anda gunakan enak dilihat dan pas sesuai dengan lagu anda. Untuk perpindahan antar teks gunakanlah transisi yang cepat, hal ini dilakukan agar jemaat/WL tidak telat menyanyikan lagunya. Sebagai acuan ganti slide teks minimal 1-2 suku kata sebelum kalimat lirik berakhir. Jika anda menggunakan transition Fade, Maksimal durasi transisi adalah 0,5 detik. 

Menggunakan transisi Cut ? tentu saja tidak ada salahnya, mungkin menurut anda transisi ini bersifat jadul dan tidak halus, pikirkan dampak positifnya : Jemaat bisa mengetahui apa yang dinyanyikan berikutnya lebih cepat daripada fade. Namun, sebaiknya digunakan pada lagu yang cepat, yang slow sebaiknya menggunakan fade.

Dan untuk perpindahan antar video background maksimal adalah 1 detik jika memungkinkan.

E. RESOLUSI LCD, 4:3 atau 16:9 ?
Resolusi bukanlah masalah dalam hal multimedia. Hal ini anda sesuaikan saja dengan ukuran gereja anda. Apabila ruangnya terbatas, gunakanlah 4:3 (besar kebawah), karena jika menggunakan 16:9 ruang layar LCD anda akan semakin kecil (pendek keatas). Yang saya maksut adalah misalnya anda diberi ruang LCD dengan lebar 3 Meter, maka gunakan 4:3 saja, karena tingginya akan 4 meter. Jika anda menggunakan 16:9 maka hanya sekitar 1-2 meter saja. Lebih baik 4: 3 bukan ?. Biasanya dikarenakan ada Salib ditengah sehingga terbagi menjadi dua ruang yaitu kiri dan kanan. Sebaiknya diberi LCD dibagian kiri dan kanan saja.

Lalu bagaimana dengan 16: 9 ?. Bisa anda gunakan jika ada ruang kosong ditengah/sebagai backdrop WL (misalkan salib diatas) yang pada umumnya stage/panggung itu condong lebar kesamping.

Pastikanlah LCD anda adalah LCD yang berkualitas dengan resolusi yang besar agar gambar yang dihasilkan jernih dan tidak pecah. Jika LCD anda sudah termasuk kalangan atas (baca=mahal) anggap saja resolusinya sudah besar, bagus dan berkualitas. Namun masih saja pecah ? maka berarti video background anda yang pecah. Atau resolusi output dari PC/laptop anda yang kecil.


Komentar

  1. Syalom . hmmm Ebook Font nya boleh di posting atau di send email ? yeheskieltampubolon@gmail.com. Thanks Before. GBU

    BalasHapus

Posting Komentar